Peluang Bisnis

Membangun Indonesia Baru - Makalah Spi jilid 2

MEMBANGUN INDONESIA BARU
Untuk meraih kesuksesan dan memberi nilai diri, seseorang harus memiliki visi atau tujuan hidup . Begitu pula sebagai sebuah bangsa. Visi founding fathers adalah mencapai kemerdekaan. Mereka berhasil memenuhi cita tersebut dengan berdirinya Republik Indonesia. Setelah merdeka, di bawah Presiden Sukarno kita memiliki Visi Revolusi dimana bangsa Indonesia menjadi inspirator sekaligus organisator untuk untuk memerdekakan bangsa-bangsa terjajah di dunia. Maka terjadilah Gerakan Non Blok diawali Konferensi Asia Afrika di Bandung yang amat bersejarah. Visi itu sukses dengan merdekanya puluhan negara jajahan tidak beberapa lama setelah itu. Kemudian sejenak kita kehilangan visi, maka terjadilah pergulatan dalam negeri menumbangkan Orde Lama menandai dimulainya Visi Pembangunan di bawah Presiden Suharto.
Visi Pembangunan pada awalnya membuat semua komponen masyarakat bergairah menjalankan roda perekonomian. Slogan “Menuju Indonesia Tinggal Landas” begitu populer dan memacu adrenalin anak-anak bangsa. Namun karena berbagai penyakit yang makin lama semakin parah menghinggapi Orde Baru seperti KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme), pembungkaman masyarakat sipil, dan mencapai titik kulminasi pada krisis ekonomi 1997, akhirnya visi Orde Baru tersebut mati. Lalu mulailah Orde Reformasi.
Namun sayang sungguh sayang, Orde Reformasi ini tidak memiliki visi. Visi utama para arsitek orde ini adalah menjatuhkan Suharto. Kini, setelah Suharto lengser keprabon, pemerintahan saat ini seperti kehilangan arah dan tujuan, untuk alasan apa dan untuk menjadi apa bangsa besar ini dilahirkan oleh Allah di atas dunia ini.
Visi Baru Membangun Indonesia Baru
Jelas sekali pentingnya Indonesia hari ini memiliki visi baru. Karena tanpa visi, kita seperti orang yang tidak memiliki arah dan tujuan hidup. Bingung. Tanpa kejelasan. Tanpa gairah. Berkubang pada pekerjaan-pekerjaan remeh temeh. Berdebat dan berkelahi karena alasan-alasan sederhana. Karena kita tidak memiliki visi bersama, visi besar milik semua.untuk lengkapnya silahkan download di sini




Artikel Terkait



0 komentar: