Peluang Bisnis

Membangun Indonesia Baru - Makalah Spi jilid 1

Membangun Indonesia Baru

Membangun Indonesia Baru tidak boleh lepas dari nilai-nilai dasar Indonesia. Dan nilai-nilai luhur tersebut bisa di gali dari latar belakang sejarah bangsa Indonesia sendiri. Seperti kita sama tahu, bangsa Indonesia memiliki keluhuran budi, seperti yang antara lain disimbolkan dalam cerita pewayangan. Nilai nilai luhur tersebut bukan hanya universal, tetapi juga bersifat lintas jaman. Nilai-nilai luhur yang sudah diajarkan dan menjadi pedoman hidup bangsa kita dari jaman dahulu adalah sikap saling menghormati, etika dalam pergaulan sesama, kesadaran atas nilai-nilai kemanusiaan (humanity) dan kesadaran atas nilai-nilai ketuhanan.
Berangkat dari pandangan itu maka kemajuan teknologi, kemajuan pembangunan di bidang sosial, politik, ekonomi dan budaya, harus diukur dan berpijak pada nilai-nilai dasar bangsa yang luhur tersebut, Bahwa dalam penerapannya nilai-nilai luhur tersebut dari waktu ke waktu mengalami perobahan dan berkembang sesuai dengan perkembangan jaman, hendaknya tidak membuat nilai-nilai dasar tersebut, yang menjiwai segala bentuk pembangunan bangsa dan negara, lepas pegangan.
Dalam hal ini, kemajuan teknologi dan kemajuan ketrampilan manusia, bila di kaitkan dengan segala potensi yang dimiliki bangsa kita seperti sumberdaya alam dan lain-lainnya, sebenarnya tidak terlepas dari latar belakang sejarah bangsa Indonesia. sebab sesungguhnya kita memiliki keluhuran tersendiri yang mungkin belum sepenuhnya kita gali. Apalagi nilai-nilai luhur yang berkaitan dengan kisah-kisah pewayangan, yang memang memiliki nilai-nilai luhur yang cukup universal bahkan bisa lintas jaman. Memang bangsa kita sangat majemuk bukan saja karena letak geografisnya sebagai negara kepulauan, tapi juga karena berbagai perbedaan yang sifatnya alami. Karena kemajemukan itulah maka kita harus hidup secara alami dan lepas dari berbagai rekayasa, seperti pada masa pemerintahan orde baru.
Dengan melakukan banyak rekayasa terhadap kehidupan rakyatnya, pemerintahan rezim orde baru telah meninggalkan basic dari prinsip "comunnity" dan sekaligus menyimpan bom waktu. Akibatnya orde baru pun ambruk. Sebab pemerintah pada prinsipnya haruslah mengabdi kepada rakyat dan bukan sebaliknya. Bukan malah rakyat yang dijadikan alat untuk mendukung suatu kekuasaan. Kekuasaan hanyalah sekedar untuk mengatur lalulintas kehidupan masyarakat sehari-hari, terutama bagi mendukung tercapainya kemakmuran, kesejahteraan dan keadilan lahir dan batin bagi seluruh warga bangsa. Dan itulah yang harus menjadi acuan idealisme kita.untuk lengkapnya silahkan download di sini




Artikel Terkait



0 komentar: