Peluang Bisnis

11 Gerilyawan Taliban Setor Nyawa

Kompas.com - Selasa, 19 JanuariTentara Pakistan membunuh 10 gerilyawan Taliban dan menangkap lima orang yang lain dalam bentrokan di daerah suku di bagian barat laut negara itu, Senin.


Seorang pejabat militer mengatakan, insiden itu terjadi di perbatasan Lwara Mandi di Waziristan Utara, yang menjadi kubu titik pertahanan gerilyawan Taliban dan Al Qaeda,

"Jenasah para gerilyawan telah dipindahkan ke sebuah markas militer yang berdekatan bersama dengan mereka yang ditangkap," jelas pejabat tersebut.

Pejabat lainnya menyatakan bentrokan itu terjadi ketika gerilyawan melepaskan tembakan di sebuah pos pemeriksaan di dekat perbatasan itu. "Tentara membalas dan menewaskan 10 gerilyawn," katanya.

Tidak ada korban militer dari peristiwa ini. Beberapa pejabat keamanan menjelaskan, mereka percaya bahwa para gerilyawan itu adalah pendukung pemimpin Taliban Pakistan, Hakimullah Mehsud yang menurut laporan berhasil meloloskan diri dari serangan pesawat mata-mata Waziristan Utara Kamis lalu.

Pesawat mata-mata CIA tak berawak telah menggempur sebuah tempat persembunyian gerilyawan militan di daerah itu, sehingga menewaskan 15 gerilyawan. Serangan itu memicu desas-desus bahwa Mehsud telah tewas atau terluka, tapi pemimpin Tehreek e Taliban Pakistan (TTP) itu mengeluarkan pesan audio yang membantah laporan mengenai kematiannya dan berjanji untuk membalas dendam.

Bulan ini banyak serangan pesawat mata-mata menghujani Waziristan Utara, benteng pertahanan gerilyawan Al Qaeda, Taliban dan jaringan Haqqani, yang menyerang tentara AS dan NATO di Afghanistan.

Washington telah mendesak Islamabad untuk memecahkan masalah gerilyawan yang menggunakan wilayah Pakistan untuk melancarkan serangan di tetangganya Afganistan.



Artikel Terkait



0 komentar: