Peluang Bisnis

Makalah SPI - Faktor faktor yang mempengaruhi stabilitas politik

PENGERTIAN SISTEM POLITIK DI INDONESIA
Sistem politik Indonesia diartikan sebagai kumpulan atau keseluruhan berbagai kegiatan dalam Negara Indonesia yang berkaitan dengan kepentingan umum termasuk proses penentuan tujuan, upaya-upaya mewujudkan tujuan, pengambilan keputusan, seleksi dan penyusunan skala prioritasnya.
1.PERKEMBANGAN EKONOMI
Pertumbuhan ekonomi memiliki kaitan yang erat dengan pembangunan politik yang dijalankan oleh suatu negara. Kebijakan pembangunan membawa dampak pada pertumbuhan ekonomi suatu negara, namun demikian pertumbuhan ekonomi semata tidak dapat dijadikan ukuran keberhasilan sebuah pembangunan. Pertumbuhan ekonomi yang tinggi seiring modernisasi pertanian ternyata membawa konsekuensi berupa kesenjangan ekonomi yang semakin lebar antara petani kaya dan petani miskin. Penelitian Pute di Filipina menunjukkan bahwa kapitalisme yang masuk melalui kebijakan pembangunan perkebunan telah menyebabkan penguasaan lahan oleh sekelompok kecil masyarakat sehingga menyebabkan perubahan struktur dan dinamika sosial.
Pertumbuhan ekonomi pada negara terbelakang dapat dijelaskan sebagai suatu bentuk ketergantungan dengan negara maju. Wujud ketergantungan tersebut kini dalam bentuk kesatuan ekonomi kapitalis dunia. Pembangunan politik negara terbelakang memiliki peran dalam menentukan pertumbuhan ekonomi. Negara terbelakang hendaknya mampu menghasilkan jenis komoditas yang beragam, sehingga tidak tergantung pada hasil perdagangan (yang tidak seimbang) satu jenis komoditas saja.
Kapitalisme yang telah melanda seluruh dunia mau tidak mau harus dilawan dengan mewujudkan sistem ekonomi yang mandiri.Sistem ekonomi sosialis yang selama ini dianggap sebagai tandingan dari kepitalisme ternyata menurut Wallerstein sama halnya dengan kapitalisme.Negara dipandang sebagai sebuah badan usaha bersama yang menguasai alat produksi dan melakukan eksploitasiKemandirian ekonomi harus menjadi konsep pembangunan yang dianut negara terbelakang untuk melawan kapitalisme.Lanjutannya Klik Di Sini Ya.




Artikel Terkait



0 komentar: