Peluang Bisnis

Makalah Ilmu Hukum - Pelaksanaan Hukum Dalam Masyarakat

Pada saat sekarang ini dimana perkembangan yang terjadi dalam masyarakat sangat cepat sebagai akibat dari pembangunan pada segala lini kehidupan termasuk dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, dan politik terkadang membawa dampak yang tidak selamanya positif. Namun adakalanya membawa dampak yang negatif. Hal ini dapat kita lihat dengan meningkatnya angka kriminalitas yang terjadi dalam masyarakat dari waktu ke waktu dan tahun ke tahun.
Efektifitas pelaksanaan hukum yang terjadi dalam masyarakat di nilai pada saat ini sangat kurang pada dasarnya di sebabkan dari proses perkembangan masyarakat baik dari segi kwantitas maupun dari segi kwalitas yang tidak di imbangi dengan jumlah lapangan pekerjaan yang ada. Sehingga hal ini mengakibatkan kejenuhan yang terjadi dalam masyarakat semakin meningkat yang di dasari atas rasa ingin mengubah nasibnya yang tidak mendapatkan jalan dalam pencapaiannya. Pada akhirnya yang terjadi adalah tindakan yang tidak mengindahkan peraturan-peraturan yang berlaku dalam masyarakat.
Kurangnya efektifitas pelaksanaan hukum yang terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat pada dasarnya di sebabkan oleh banyak faktor. Namun walaupun begitu dari faktor-faktor yang banyak tersebut dapat kita golongkan dalam dua faktor, yaitu faktor dari sisi aparat penegak hukumnya dan faktor dari sisi peranan masyarakat dalam penegakan hukum. Dua hal tersebut merupakan kunci dari keberhasilan dan kesuksesan atau ketidak berhasilan dalam pelaksanaan hukum dalam masyarakat.
Lanjutannya Disini



Artikel Terkait



0 komentar: